Monday, March 11, 2013

Hyundai Santa Fe 2013 Sasis Panjang dan Pendek

Hyundai Santa Fe 2013 Sasis Panjang dan Pendek


New York - Setelah muncul dalam beragam bentuk dan prediksi, akhirnya Hyundai resmi menampilkan Santa Fe 2013 di pameran New York Auto Show 2012, 4-15 April. Jelas sekali, desain 'Fluidic Sclupture' menjadi andalan seperti gril berbentuk trapesium dan kaca samping menyerupai daun sehingga secara keseluruhan eksteriornya sangat sporty. Ketika diperkenalkan, Hyundai menyodorkan 2 varian dengan spesifikasi mesin dan daya angkut berbeda.

Varian Sport
Ciri khasnya, bodi kompak dengan ukuran panjang 4.689 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 1.679 mm dan jarak sumbu roda 2.700 mm menampung 5 penumpang. Konsumen diberi pilihan mesin, yakni Theta II berkapasitas 2.4-liter, Gasoline Direct Injection (GDI) dengan tenaga 190 PS serta Theta II, 2.0-liter, GDI, turbocharger berdaya 264 PS. Keduanya menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan.

Long Wheel Base
Bedanya, daya tampung LWB 7 orang karena ditopang dimensinya (P/L/T : 4.905 mm/1.885 mm/1.689 mm) dan jarak sumbu roda 2.799 mm. Untuk jantung pacu menggunakan tipe Lambda II, V6, 3.3-liter, GDI yang mampu menyemburkan 290 PS. Khusus varian ini dilengkapi teknologi blind spot detection direct injection.

Mengenai fitur-fitur, untuk ketiga varian memiliki kesamaan seperti layar sentuh LCD 8 inci yang menampilkan menu sistem navigasi, sistem audio, konektor USB dan iPod, kamera belakang, serta teknologi terbaru Blue Link. Cakupan teknologi tersebut terdiri automatic collision notification, SOS emergency assistance dan enhanced roadside assistance. Koneksi bisa menggunakan perintah suara. Fitur lain, sunroof, pemanas jok belakang dan setir, remote engine start dan peringatan kecepatan.

Hyundai Indonesia
Hingga saat ini Hyundai Mobil Indonesia (HMI) masih menunggu kabar dari Hyundai Motor Company (HMC) tentang kepastian Santa Fe untuk pasar Tanah Air. "Sampai sekarang kita belum terima spesifikasi apa yang akan dijual, termasuk pemilihan mesin dan fitur yang akan dipakai. Tapi yang jelas kita akan mendatangkan varian 7 penumpang," jelas Bebin Djuana, Wakil Kepala Pemasaran PT HMI saat dihubungi KompasOtomotif siang tadi (5/4).

Kendati secara global sudah diluncurkan, jalan menuju Indonesia masih jauh. Ada proses yang harus dilalui sebelum dikirim ke Indonesia, yaitu pengujian konversi dari setir kiri ke kanan. "Proses tersebut butuh waktu dan harus melewati pengetesan. Karena di Korea sebagai basis produksi hingga saat ini masih dalam konsentrasi memproduksi model setir kiri," tutup Bebin.

0 comments:

Post a Comment